Minggu, 09 Januari 2011

VENOMENA KRISTEN DAN GERAKAN JALAN YAHWEH

Minggu, 09 Januari 2011

Kehidupan kekristenan seluruh dunia hari-hari dihebohkan dengan gerakan Pengagungan nama Yahweh juga gerakan Mesianik, kini muncul gerakan Jalan Yahweh.

Hari-hari ini banyak penemuan baru dibidang teknology, termasuk HP banyak perubahan saya percaya semua terjadi dalam rangka mempersiapkan segala sesuatu untuk menggenapi nubuatan / FIRMAN. Karena semua mata akan memandang pada waktu Elia dan Musa wafat dan mayatnya selama 3 hari tidak dikubur.
Semakin murahnya teknology visual semakin membuat masyarakat seluruh dunia dapat melihat suatu kejadian dimanapun.

Dalam kehidupan agama khususnya kekristenan juga terjadi perubahan-perubahan yang sangat cepat, ini merupakan venomena rohani. Sejak muncul gerakan Reformasi Protestan dari umat yang tidak puas dengan kehidupan kristen yang tidak sesuai kata kitab suci. Dengan dasar SOLA FIDE, SOLA GRATIA, SOLA SCRIPTURA maka semangat umat Kristen untuk kembali pada segala ajaran Tuhan dengan berkaca pada apa kata Alkitab.

GERAKAN DALAM PROTESTAN
Hal ini melahirkan penemuan kebenaran yang melahirkan kegerakan baru, seperti gerakan Baptis Celub (untuyk harus Baptis sama seperti kata Alkitab,
juga gerakan Advent menekankan untuk kembali beribadah pada hari Sabat seperti di Alkitab,
kemudian muncul gerakan Mesianik yang menekankan untuk kembalinya peribadatan sama seperti tata cara di Alkitab (Hari Sabat dan menggunakan Cara Ibrani menyebut YAHWEH dan Yahshua nama Tuhan dalam bahasa Ibrani) gerakan ini hanya mula-mula muncul dikalangan keturunan Yahudi, tapi pada sekitar tahun 1990an hingga 2000an kini gerakan ini menjamur mempengaruhi banyak umat kristen.
Kemudian sekitar tahun 1900 muncul gerakan baru yang menekankan pada Kepenuhan Roh Kudus dengan Berbahasa yang diilhami Roh Kudus, gerakan ini disebut Pentakosta. Gerakan ini telah menyebar menjadi ribuan organisasi.
Setelah itu muncul Gerakan Karismatik sekitar tahun 1960an, gerakan yang penekanan pada penggunaan karunia bermanifestasi dalam ibadah serta Pelayanan PUJIAN Mazmur, Menyembah dengan Memazmurkan (melagukan) kata-kata pujian yang diucapkan pada Tuhan.

Hampir bersamaan dengan Karismatik muncul Gerakan Persekutuan Doa sekitar tahun 1960an, gerakan yang penekanan pada penggunaan karunia juga Persekutuan Oikumene, kesatuan Orang Percaya. Gerakan ini ditentang keras karena kegiatan DOA yang tanpa kordinasi dengan pimpinan gereja. Dikota Manado sendiri salah satu tokoh gerakan ini Wempy Pangkey dimasukkan ke tahanan selama 5 tahun justru oleh pihak gereja dimana yang bersangkutan bernaung. Sejak beliau masuk penjara sekitar tahun 1970an, persekutuan doa tersebar, merambat kemana-mana. Kini persekutuan Doa tersebar diberbagai gereja dan berbagai tempat.

Setiap gerakan ini melandaskan ajarannya sesuai dengan kata Kitab Suci, jadi langsung disambut oleh banyak orang Kristen yang memiliki tekad untuk TAAT PADA APA YANG TERTULIS PADA FIRMAN TUHAN, DIYAKINI mutlak HARUS dilakukan.

Pada akhir abad 20 sekitar tahun 1998 muncul gerakan Pengagung nama Yahweh. hal ini membawa perdebatan serius dalam banyak gereja. Reaksi keras muncul dari para pemimpin gereja yang kontra maupun pro. Reaksi keras memang selalu muncul setiap adanya suatu gerakan baru, sama seperti era Protestan banyak yang dipenjara dan dibunuh karena memperjuangkan Protestan, demikian juga dengan gerakan yang lain mendapat kritikan dari pihak tokoh gereja sendiri.

Kini tahun 2011 muncul gerakan baru yang menyebut diri gerakan JALAN YHWH, Straighten ROAD YAHWEH First Church Movement, 100% FULL GOSPEL, Gerakan kembali mengikuti gaya hidup Gereja Mula-mula secara penuh 100 %, penekanan pada FULL GOSPEL dalam arti sepenuh Injil harus diikuti termasuk ibadah SABAT, Shema dan sebagainya, pengajaran Luruskan JALAN YAHWEH siapkan jalan bagi Tuhan raja.
Gerakan ini penekanan pada :
1. MELURUSKAN SEMUA AJARAN SESUAI KITAB SUCI.
2. Melaksanakan GAYA HIDUP GEREJA MULA-MULA, sama seperti cara para rasul melayani (para hamba Tuhan harus PEDULI dan BERJUANG bukan hanya berkhotbah tapi juga mewujudkan kebutuhan jasmania jemaat supaya tidak berkekurangan.
3. Mempersiapkan umat untuk Memerintah bersama Mesias (Kristus) sang Raja segala raja. Pengajaran sistem pemerintahan kerajaan sorga. Persyaratan menjadi pejabat kerajaan 1000 tahun damai.
4. Percaya Satu Tuhan pencipta Langit bumi.
5. Hidup harus kudus sama seperti dicontohkan oleh Yahshua (Yesus).
6. Mengajarkan dan melaksanakan semua ajaran yang disampaikan dan dilaksanakan Yahshua.

Penemuan baru apalagi yang akan muncul dalam kekristenan ? Apakah gerakan baru selanjutnya ? Setiap ajaran gerakan yang muncul akan diterima jika sesuai bukti-bukti tertulis dalam Kitab Suci. Dua atau tiga saksi maka kesaksiannya kuat, jadi jika berlandaskan beberapa ayat maka dianggap benar dalam kekristenan. Kita doakan saja supaya umat Tuhan diberi kemampuan dapat hidup lebih berpegang pada kebenaran.


Gamaliel yang menghadapi perdebatan mengenai venomena baru dalam agama Yahudi berkata "jika itu dari Yahweh maka ia akan berkembang, tetapi jika bukan maka akan hilang dengan sendirinya"
Sebaiknya kita menjadi sama dengan Jemaat Bijak yang dipuji Tuhan jemaat Berea dikitab para Rasul dikatakan mereka LEBIH BAIK DARI JEMAAT LAIN, KARENA MEREKA (TERBUKA) MENERIMA jika KEBENARAN dan kemudian SETIAP HARI MENYELIDIKI KITAB SUCI akan KEBENARAN (apalagi hal yang baru diajarkan).

Weshalom
DDS Lumoindong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini