Kamis, 30 Desember 2010

Agama Yahudi dan Kristen (Jews and Christian)

Agama Yahudi sebetulnya merupakan akar dari agama kristiani/nasrani yang ada pada sekarang ini. Setelah melalui perkembangan zaman dan waktu, agama Yahudi sendiri telah memiliki beberapa cabang misalnya yaitu Agama Yahudi Orthodox dan Yahudi Mesianik.
Agama Yahudi menghormati hari Sabat/Hari Peristirahatan. Hari Sabat ini jatuh pada hari Jumat Sore hingga Sabtu Sore. Perlu diketahui bahwa dalam tradisi Yahudi, hari baru itu dimulai dari pukul 6 sore hingga pukul 6 sore keesokan harinya. Selama masa sabat, orang Yahudi tidak diperkenankan untuk melakukan pekerjaan dan hanya diijinkan untuk berdoa, mempelajari Torah/kitab suci, serta mengadakan diskusi mengenai Torah dengan orang lain di Synagogue atau tempat peribadatan



Agama Yahudi membutuhkan beberapa alat doa seperti dibawah ini:

TALIT

Talit merupakan selendang doa yang menutupi seluruh kepala dan setengah tubuh yang hanya dipergunakan pada saat berdoa pagi (Shacharit) dan pada saat melakukan peribadatan di Synagogue. Talit hanya dipergunakan oleh PRIA dan tidak boleh dibawa masuk kedalam kamar mandi (karena terhitung sebagai benda sakral).

Cara Pakai Talit


KIPPAH
Adalah tutup kepala yang digunakan oleh kaum Yahudi (seharusnya) setiap saat. Ia hanyalah menutupi bagian atas kepala saja. Karena sifatnya yg lebih general, ia boleh dibawa kemana saja. Digunakan sebagai tanda bahwa Tuhan selalu melindungi umat-Nya.



Contoh pemakaian Kippah :



TORAH
Merupakan benda yang paling sakral dalam agama Yahudi (seperti Al Quran dalam agama Islam). Torah merupakan kitab suci umat Yahudi. Torah yang boleh dipergunakan dalam ibadah hanyalah Torah yang ditulis diatas gulungan perkamen dan mempergunakan bahasa ibrani. Kesalahan SEKECIL APAPUN dalam pembuatan maupun penulisan Torah akan menyebabkan Torah tersebut PASUL/tidak layak untuk dipergunakan di Ibadah dan harus dibakar. Harga 1 Gulungan penuh Torah bisa mencapai 20.000-50.000 dollar US/ 200-500 Juta rupiah dan dapat memakan waktu pembuatan 6 bulan - 1 tahun lamanya per 1 gulungan penuh.









TEFILIN
Tefilin merupakan salinan bagian tertentu dalam Torah yang diikatkan ke tangan dan kepala. Digunakan pada saat berdoa. Karena Tefilin ditulis tangan dengan tingkat kesulitan sama seperti Torah, harga 1 set tefilin (untuk diikat ke tangan dan kepala) bisa mencapai 1.000-2.000 dollar US/ 10-20 juta rupiah
"Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu" (Ulangan 6:8)






HARI RAYA :
Terdapat 7 Hari raya:
1. Rosh Hashana (Tahun Baru Yahudi)
2. Sukkot/Pondok Daun
3. Pesakh (Paskah Yahudi)
4. Hag Ha Matzah /Hari Raya Roti tidak beragi
5. Sfirat Ha Omer/ Buah Sulung
6. Shavuot (Pentakosta/Pencurahan Roh Kudus)
7. Yom Kippur/Pendamaian (Dirayakan dengan berpuasa)
Serta 2 hari raya tambahan yang ikut dirayakan namun tidak tercantum dalam Torah
1. Hanukkah (Kemenangan bangsa Israel atas perang)
2. Purim (Merayakan keberhasilan Ratu Ester mencegah penghancuran umat Yahudi)

Sumber : Inbox email saya
Posted by Nuchan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar